Your search results

Ini Dia Pentingnya Legalitas, Jangan Sampai Tertipu Developer Bodong!

Posted by winprop on December 4, 2021
| 0
 Rumah subsidi legal dan resmi

LEGALITAS merupakan aspek penting yang menunjukkan resmi atau tidaknya sebuah pengembang. Jika pengembang tidak memiliki beberapa atau kelima dari aspek LEGALITAS, maka bisa jadi ia adalah Developer Bodong.”

Semakin mahal dan terbatasnya lahan menyebabkan tingginya kebutuhan dan minat masyarakat terhadap sebuah hunian. Itu tandanya sebagian masyarakat sudah menyadari bahwa jika terus menunda, akan semakin mahal dan sulit menemukan hunian yang strategis. Hal ini turut membuat developer saling berlomba menciptakan sebuah kawasan hunian dengan penawaran terbaiknya dengan menyediakan fasilitas umum yang cukup menjanjikan, seperti Kolam Renang, Sarana Ibadah, hingga Ruko.

Terlepas dari penawaran-penawaran yang cukup menggiurkan itu, ada aspek-aspek penting yang harus dipertimbangkan. Mengingat banyak developer bodong yang hanya fokus pada penawaran demi memikat konsumen tanpa adanya legalitas resmi. Sebagai calon pembeli pastinya kita tidak mau bertemu dengan developer bodong yang manis di bibir saja, tapi ternyata legalitas tidak lengkap. Bahkan ada developer bodong yang sengaja memanfaatkan kepolosan pembeli dan membawa lari uang mereka. Nah, kita sebaiknya memahami bahwa legalitas pada sebuah developer sangat penting. Lantas, bagaimana cara membuktikan legalitas pada sebuah developer?

Ini dia aspek-aspek yang bisa dipertimbangkan terkait dengan legalitas developer :

  1. Perhatikan Kredibilitas dan Legalitas Perizinan
anti developer bodong,

Rumah yang legal (resmi) seharusnya sudah memiliki surat-surat yang meliputi :

  1. Izin Lokasi
  2. Site Plan
  3. Sertifikat Pecah
  4. Izin Mendirikan Bangunan
  5. Izin Lingkungan

Jangan sungkan menanyakan kelima aspek di atas kepada developer yang kamu temui, Sobat. Biasanya developer bodong tidak memiliki kelima atau beberapa dari aspek tersebut.

2. Sudah Terdaftar di Sistem Si Kumbang

 Rumah subsidi legal dan resmi

Cara lain untuk memeriksa LEGALITAS developer adalah dengan mencarinya di situs Si Kumbang. Si Kumbang merupakan sebuah situs yang menyediakan informasi real time tentang pengembang yang membangun KPR Subsidi pemerintah terkait dengan hunian yang tersedia, hunian yang sedang dibangun, dan hunian yang terjual.

3. Harga Rumah yang Miring Tak Masuk Akal

anti developer bodong,

Developer Bodong biasanya menawarkan hunian dengan harga miring tak masuk akal. Padahal realita yang terjadi, harga rumah semakin naik tiap tahun. Jadi, perlu dicurigai kalau ada developer yang menawarkan rumah dengan harga yang sangat murah. ingat, jangan sampai tergiur dengan manisnya bibir developer.

4. Tidak Ada Kejalasan Kapan Rumah Selesai Dibangun

Rumah subsidi legal dan resmi

Upaya menanggulangi penipuan developer bodong juga dilakukan dengan cara menanyakan kalender konstruksi kepada developer. Developer yang kredibel biasanya mengumumkan rencana pembangunan saat peluncuran rumah subsidi. Takaran kredibilitas sebuah developer bisa dibuktikan melalui portofolio atau proyek-proyek yang sebelumnya pernah dibangun.

Untuk itu, sebagai calon pembeli yang cerdas dan anti penipuan kita sebaiknya memahami betul aspek-aspek LEGALITAS yang tertulis di atas. Supaya, tidak ada lagi developer yang memanfaatkan kepolosan calon pembeli demi meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

Baca Juga : https://sikumbang.ppdpp.id/lokasi-perumahan/BYL0610092020T003

Leave a Reply

Your email address will not be published.