Rumah adalah kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi, terutama untuk pasangan suami istri. Rumah seperti menjadi syarat saat akan menikah. Tujuan memiliki rumah tentunya adalah demi kehidupan rumah tangga yang sejahtera dan mandiri. Dewasa ini, membeli rumah agaknya sudah tak semudah dulu. Salah satu penyebabnya adalah karena harga rumah semakin naik setiap tahun. Pemerintah pun meluncurkan program rumah subsidi demi mewujudkan impian rakyatnya memiliki rumah idaman.

Hunian subsidi saat ini telah menjadi incaran masyarakat, karena keuntungan yang cukup menjanjikan. Hanya bermodal kurang lebih 17 juta, masyarakat sudah bisa punya rumah sendiri.

Lantas, apa aja sih kelebihan dari rumah subsidi dan keuntungan apa yang bisa kita dapatkan? berikut merupakan 4 kelebihan dari rumah subsidi yang wajib kita ketahui.

  1. Harga Terjangkau

Harga hunian subsidi cenderung berbeda di setiap daerah. Namun, yang pasti harga satu unit hunian subsidi dipasarkan sesuai dengan kemampuan finansial dari masyarakat setempat. Jika dibandingkan dengan rumah yang dibangun pribadi, harga hunian subsidi lebih irit, baik dari segi dana maupun tenaga. Selain itu, kawasan hunian subsidi biasanya menyediakan tambahan fasilitas yang bisa dinikmati secara gratis.

Parama Residence


2. Persyaratan Mudah

Syarat pengajuan hunian subsidi juga tidak lah sulit. Berikut merupakan syarat-syarat untuk mengajukan KPR

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia
  • Berusia 21 tahun atau telah menikah
  • Penerima maupun pasangan (suami/istri) belum memiliki rumah dan belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah
  • Penghasilan maksimum 8 juta untuk rumah tapak dan susun
  • Memiliki masa kerja atau usaha minimal 1 tahun Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Tentang dokumen dan berkas apa saja yang harus disiapkan, akan dijelaskan oleh marketing pada perusahaan developer yang dipilih. Biasanya, Proses pemberkasan akan dibantu oleh developer.

Taman Melati Ceper


3. Lokasi yang Potensial

Hunian subsidi biasanya dibangun di lokasi yang meiliki potensi berkembang. Keuntungan dari hal ini adalah kita bisa mempersiapkan hunian terdekat dan strategis sebelum semakin sulit untuk didapatkan. Apalagi kalau kawasan tersebut hanya memerlukan waktu singkat untuk berkembang. Misalnya, kawasan yang dilingkupi oleh perusahaan-perusahaan besar, dekat dengan pusat kota, dan lain-lain.

Taman Melati Boyolali


4. Developer Terpercaya

Keuntungaan hunian subsidi yang lain berkaitan dengan developer (pengembang). Pengembang yang dipilih oleh KEMENPERA (Kementrian Perumahan Rakyat) adalah developer yang berlisensi atau sudah terdaftar resmi. Sehingga, hal tersebut dapat meminimalisasi praktik curang dari developer tak bertanggungjawab. Selain itu, biasanya para developer ini sudah berpengalaman dan sering mengerjakan proyek-proyek rumah subsidi.

Griya Bumi Boyolali


itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan saat membeli hunian subsidi. Jangan ragu lagi, yakinkan diri untuk membeli hunian bersubsidi demi keluarga yang sejahtera dan masa depan yang lebih bahagia.


Baca Juga : https://money.kompas.com/read/2021/05/25/132354926/-rumah-subsidi-syarat-dan-dokumen-pengajuan-kpr-bersubsidi